Rabu, 25 Januari 2012

Orang yang "Berkelebihan"

Seturut ilmu yang saya dapat, ada empat pilar yang bisa membuat orang menjadi "berkelebihan", kelebihan ini dalam arti materi! jujur, yang dua saya lupa, tapi yang dua lagi saya ingat betul, dua di antara tersebut antara lain:

1. Menjadi Owner Business
menjadi pemilik bisnis atau wirausaha atau pengusaha memang susah-susah gampang, kalau diperhitungkan dengan baik, bisnis pasti akan membawa keuntungan bagi si pemilik usaha, tapi kalau tidak diperhitungkan dengan baik maka ya tidak menutup kemungkinan akan merugikan. tidak jarang pengusaha menutup usahanya karena kerugian, dan tidak hanya rugi, ternyata si pengusaha tersebut masih harus membayar hutang yang telah dipinjamnya. kuncinya mulai dari perencanaan bisnis yang baik, pengelolaan dan penempatan karyawan yang tepat pada posisi yang tepat pula.

2. Menjadi Investor
menjadi investor dapat dilakukan pada dua bidang. yang pertama pada bidang keuangan dan yang kedua pada bidang non keuangan. pada bidang keuangan yaitu jika investor tersebut meninvestasikan dananya pada perusahaan yang menjual saham, obligasi, dll. sedangkan investasi pada bidang non keuangan adalah investor yang menginvestasikan dananya pada bidang-bidang seperti properti, tanah, kendaraan, barang-barang antik,dll. Keduanya sama-sama menguntungkan dan sama-sama memiliki resiko. Investasi pada bidang keuangan rawan jika perusahaan tempat dimana kita berinvestasi tersebut mengalami collaps, maka akan menurunlah nilai saham kita, atau bahkan bisa rugi. Namun, jika nilai harga saham kita naik maka sudah pasti keuntungan mengalir deras masuk ke saku kita. Investasi pada bidang non keuangan lebih sedikit memberikan keuntungan, namun relatif lebih aman, bahayanya jika apabila properti kita tersebut mengalami kebakaran, atau barang-barang antik koleksi kita tersebut dicuri pencuri, maka lenyaplah seluruh investasi kita. Maka ada baiknya jika memiliki investasi non keuangan sebaiknya diasuransikan, supaya jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, maka kita dapat mengajukan claim kepada pihak asuransi. setidaknya kita tidak rugi-rugi amatlah...hehe

Pilihannya terserah anda, mau jadi pengusaha atau jadi investor... Selamat menjadi orang "berkelebihan". GBU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar